Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it
Searching...
Senin, 02 September 2013

Pesan penghafal Qur'an



Dan mungkin  anda  lebih  heran  lagi,  jika  saya  ceritakan  bahwa
esungguhnya  saya  dulu  menghabiskan  banyak  waktu  saya  untuk
mendengarkan  lagu-lagu, bahkan saya memainkan sebagian alat-alat
musik,  tetapi  setelah  saya  mulai  mendengarkan  al-Quran  untuk
waktu  yang  lama,  maka  tidak  ada  sesuatu  apapun  yang  bisa
menggembirakan hati saya kecuali firman Allah SWT.

Wahai saudaraku yang beriman, ketahuilah bahwa semua waktu
itu sesuai untuk mendengarkan al-Quran. Seorang yang beriman akan
mengingat Allah dalam semua keadaannya, baik saat berdiri, duduk,
berbaring,  sebelum  tidur,  saat  bangun  tidur  ,  saat  bekerja,  saat
berjalan  di  jalan,  bahkan  saat  berada  di  antara  teman-teman  dan
keluarganya.

Misalnya  anda  ingin menghafalkan  surat An-Naml, maka wajib
bagi anda untuk mendengarkan surat ini dengan suara salah satu qori
berulang kali setiap hari, dan dalam beberapa hari.
Dan  berikutnya  pekerjaan  menghafal  setelah  itu  akan  menjadi
mudah  sekali.  Saya  sungguh-sungguh  mengikuti  metode  ini  dan
merasakan  hasilnya.  Dan  saya  sungguh  dapat  menghafal  al-Quran
tanpa usaha yang berat karena saya mendengarkan bacaan al-Quran.

Janganlah  putus  asa  jika  anda  belum  mendapatkan  kondisi-
kondisi  yang  sesuai  untuk  menghafalkan.  Anda  sendiri  hendaklah
meminta Allah SWT agar mempersiapkan bagi anda kondisi - kondisi
yang sesuai, dan Allah akan mengabulkan doa anda.
Maka  terkadang  Anda  mungkin  dapat  menghafalkan  dalam
beberapa  bulan,  dan    terkadang  menghabiskan    beberapa  tahun.
Tetapi waktu  yang  saya  temukan  sesuai  bagi  orang yang menyukai
untuk membuat program-program waktu adalah dua tahun.

Karena  sesungguhnya  seorang  manusia  yang  sibuk    dapat
melatih dirinya  akan gaya bahasa  al-Quran dalam pendengarannya,
memikirkan  ayat-ayatnya  dan  arti-artinya,  berusaha  khusyu’  dan
memahami  arti-arti  ayat  yang  ia  dengarkan,  kemudian
menyempurnakan hafalan dari mushaf secara langsung.

SALAH  SEORANG  PEMBACA  BERTANYA  KEPADA  SAYA,  BERAPA WAKTU
YANG ANDA HABISKAN  DALAM  MENGHAFAL AL-QURAN ?
Berdasarkan  percobaan  saya  dalam  menghafal  al-Quran  dan
berapa waktu yang saya habiskan untuk menghafal kitab Allah SWT,
saya  berkata :  sesungguhnya  saya  tidak    pernah  berfikir  di  tengah-
tengah hafalan  saya  akan waktu atau berapa yang  saya hafal,  tetapi
setiap  kepentingan  saya  adalah mencari  kerelaan Allah  yang Mulia
dan  Agung.  Saya  selalu  berkata :  saya  menghendaki  pahala  yang
besar dari Allah dan dekat dengan-Nya, Maha Suci Allah.
Dan  saya  tahu,  bahwa  sesungguhnya  seseorang  yang  beriman
terkadang hafal surat al-Ikhlas dan ia menjadi lebih tinggi derajatnya
di  sisi  Allah  sebab  keikhlasan  dan  kesungguhannya  bersama
Tuhannya. Dan  inilah yang menjadikan  seorang yang beriman  lebih
banyak menghafal  kitab  Allah  karena  Allah  di  hadapannya  saat  ia
menghafal.

membanggakan  akan  hafalannya  di  hadapan    orang  banyak,  dan
tidak menghendaki  dzat Allah  SWT, maka  orang  inilah  yang  telah
mengambil  pahalanya  di  dunia,  dan  ia  tidak  akan  mendapat  satu
pahalapun di akhirat.


BAGAIMANA SAYA MENGHAFAL SATU SURAT ?
Dalam  metode  baru  yang  baru  ini  kita  menyandarkan  hafalan
atas 3 tahapan:
1.  Tahapan dalam mendengarkan al-Quran yang dibaca tartil.
2.  Tahapan  pemahaman,  pemikiran  dan  pendalaman  dalam
kalimat yang kita dengarkan.
3.  Tahapan memantapkan hafalan dari mushaf.
Dari  penjelasan  sebelumnya  kita  memperoleh  (kesimpulan-pen)
pentingnya mendengarkan al-Quran, dan mendengarkan al-Quran itu
memiliki pengaruh yang besar dalam hafalan yang panjang dan lama.
Metode  ini    bukanlah  metode  baru  atau  diciptakan,  bahkan  ini
metode tuan kita Muhammad SAW.
Rasul  yang  paling  agung  SAW  sungguh-sungguh  menghafal  
al-Quran  dengan  mendengar  dari  malaikat  Jibril,  semoga  salam
terlimpahkan kepadanya.  Jika demikian maka tahapan yang pertama
adalah mendengar (al-Quran) dan mengulang-ulang perbuatan ini.

0 komentar:

Posting Komentar